Sejarah Singkat Berdirinya Madrasah
MA Al Falah yang ada sekarang ini merupakan gerakan dakwah Pondok Pesantren Al Falah di Kecamatan Tenggarang dan sekitarnya.
Cikal bakal MA Al Falah saat ini adalah Lembaga yang didirikan atas inisiatif 3 Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah yaitu, Almr.K Ali Mufi, Almr.KH Syar’ie Muhdar,BA dan Almr. K Hasani pada tahun 1984.
Pendirian ini sudah menjadi cita cita kyai sepuh namun baru terwujud era generasi ke tiga dan merupakan bagian intregral dari gerakan dakwah Pondok Pesantren Al Falah yang lebih luas di Kecamatan Tenggarang.
Tidak jauh dari pemetaan sosial yang pernah dikemukakan oleh Clifort Gerss, polarisasi sosial masyarakat Tenggarang pada masa itu terdiri dari santri, abangan, dan priyayi.
Beranjak dari budaya kultur yang memprihatinkan serta guna mempersiapkan generasi muslim, maka bersepakatlah Tiga tokoh yaitu Bapak K Ali Mufi (Alm), Bapak KH Syarie Muhdar, BA, Bapak K Hasani untuk mengembangkan pesantren A1 Falah dengan mendirikan lembaga pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, MTs hingga MA.
Lembaga MA Al Falah yang didirikan bertujuan :
- Mempertahankan eksistensi umat islam.
- Menanamkan keimanan dan ketaqwaan generasi muda Islam.
- Mencetak kader dakwah yang tangguh yang dapat menjawab tantangan masa depan.
Apa yang diharapkan oleh para pengasuh adalah Pesantren khususnya lembaga Madrasah Aliyah Al Falah memberikan sumbangsih dalam membentuk kader dakwah yang mampu dalam bidang keagamaan juga mampu dalam bidang umum.
Apalagi pada tahun 80-an politik pendidikan belum memberikan ruang gerak yang lebih luas terhadap lembaga pendidikan agama. Bersamaan dengan situasi yang semacam itu, di desa Tenggarang berdiri lembaga pendidikan tingkat atas dengan kurikulum pendidikan umum yang berkarakter islam ( MA ) yang didirkan oleh sebuah yayasan.
Maka persainganpun, bahkan teror psikologis menjadi tak terelakkan. Keadaan ini masih diperburuk oleh kondisi sosial yang belum menguntungkan.
MA Al Falah Kajar kecamatan Tenggarang berupaya menjawab dan bertahan dalam tantangan zaman dari waktu ke waktu yang pada tahun 1995 terbitlah SK. Menteri Agama RI Nomor 515.A tahun 1995.
Sejak saat itulah MA Al Falah hingga sekarang. Dengan status ini MA Al Falah diharapkan segera bangkit dan berkompetisi secara sehat untuk mewujudkan visi dan pengemban
misi.
VISI Madrasah Aliyah Al Falah
Dalam proses pelayanan pendidikan madrasah sebagai lembaga yang memiliki arah membentuk insan Indonesia yang memiliki kepribadian mulia, cerdas,terampil dan mampu beradaptasi dengan tantangan modern.
Hal ini sangat penting bagi sebuah lembaga pendidikan berkarakter Islam untuk memiliki arah tujuan yang jelas.
Madrasah Aliyah Al Falah sebagai lembaga pendidikan formal berkarakter Islam memiliki visi yang mampu menyokong dan mendukung peningkatan kompetensi peserta didik di masa yang akan datang baik secara jasmani dan rohani.
Madrasah Aliyah Al Falah dalam pelayanan pendidikannya memiliki Visi Madrasah sebagai berikut:
Mewujudkan Peserta didik yang terdepan dalam Berakhlak karimah, Cerdas berilmu,Terampil serta Unggul dalam berprestasi
MISI Madrasah Aliyah Al Falah
- Guna mencapai Visi madrasah yang diharapkan, maka Madrasah Aliyah Al Falah memiliki Misi:
- Menyelenggarakan Pendidikan Menengah berstandar Nasional Pendidikan dalam meningkatkan wawasan keilmuan, potensi dan kreatifitas peserta didik;
- Mewujudkan Peserta didik memiliki wawasan ilmu yang luas baik ilmu akademik umum maupun ilmu keagamaan dalam bingkai Ahlussunnah Wal Jama’ah;
- Mewujudkan peserta didik yang inovatif dan kreatif dalam menerapkan ilmu pengetahuan sebagai bekal menghadapi persaingan global;
- Membiasakan perilaku dan amaliyah keagamaan al qur’an ,hadist dan prilaku salafunassholeh;
- Mencetak peserta didik yang memiliki kepekaan sosial dan budaya;
- Mewujudkan peserta didik yang memiliki keteladanan bagi kemaslahatan Ummat.
TUJUAN Madrasah Aliyah Al Falah
Tujuan Madrasah Aliyah Al Falah dalam menyelenggarakan pendidikan adalah:
- Meningkatkan mutu pendidikan melalui optimalisasi dan efektifitas pembelajaran madrasah;
- Meningkatkan peran dan tanggung jawab masyarakat dalam meningkatkan pelayanan dan pendidikan;
- Meningkatkan animo masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di lembaga pendidikan Islam.
TARGET PENDIDIKAN Madrasah Aliyah Al Falah
Sebagai tolok ukur kegiatan pendidikan di Madrasah Aliyah Al Falah diperlukan indikator-indikator ketercapaian visi misi khususnya dalam tahun pelajaran 2021-2022 yaitu:
1. Indikator pribadi Berakhlak Mulia
- Istiqomah dalam kebajikan;
- Memiliki kesadaran Berbangsa dan Bernegara;
- Adanya keseimbangan antara dzikir, pikir dan amal sholeh;
- Tabah, sabar dan tawakal dalam melaksakan tugas;
- Memiliki kepekaan dan kepedulian sosial dan budaya pada lingkungannya;
- Menegakkan amarma’ruf nahi mungkar;
- Berprinsip “Hidup adalah Ibadah”.
2. Indikator Pribadi Cerdas
- Bertanggungjawab, berkomitmen dan berwawasan luas
- Profesional, berfikir kritis, kreatif dan inovatif
- Mampu memposisikan diri dan dapat menjadi contoh dalam kebaikan
- Bijaksana dalam mengambil keputusan.
3. Indikator Pribadi Terampil
- Selalu mengaktualisasikan perubahan kearah kebaikan
- Mengikuti dan menguasai perkembangan informasi dan teknologi
- Mampu menyiasati dan merekayasa keadaan secara optimal demi kemajuan
- Kreatif dalam menggali dan mengembangkan potensi diri
- Selalu mempunyai alternatif dalam menentukan solusi.
4. Indikator Pribadi Berprestasi
- Mengasah kemampuan dengan optimal;
- Melaksanakan tindakan dan tugas dengan upaya terbaik;
- Selalu beradaptasi dengan perkembangan informasi dan teknologi;
- Mampu membandingkan dan menyadari potensi diri untuk pencapaian terbaik;
- Mampu berbagi dan berkolaborasi dengan pihak lain secara professional.